Desa Raman Fajar Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Desa

Lampung Timur : Kepala Desa Raman Fajar Sehono mempunyai trik tersendiri dalam menjalankan roda pemerintahan desa Raman Fajar kecamatan raman Utara Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) untuk melakukan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, dengan sentuhan khusus dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di desa, Minggu (17/5).

Sehono selaku kepala desa Raman Fajar mengatakan, Salah satu contoh kongkrit, pemerintah desa dalam memanfaatkan dalam pembangunan desa, melalui dana desa yang diberikan kepada setiap desa. Yakni dalam pengelolaan dana desa membutuhkan berbagai data terkait kependudukan, kelembagaan, dan karakteristik spesifik desa dalam pengelolaan dana guna menunjang proses perencanaan pembangunan desa.

“Data desa digunakan dalam proses analisis dan penyusunan program dalam merencanakan pembangunan desa agar pembangunan tersebut dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kunci penting nya dalam pembangunan dan pemberdayaan, kita harus berbicara data. Mengapa pentingnya data desa dalam proses perencanaan pembangunan desa membuat pemerintah desa harus berusaha untuk menyediakan data terkait karakteristik spesifik desanya, apa lagi mengingat Covid-19,” papar Sehono kades raman fajar.

Ia melanjutkan, Dalam pengembangan desa, profil desa sangat penting untuk menunjang pembangunan desa yaitu sebagai data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa. Profil desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan program peningkatan kapasitas penduduk desa.

“Dalam situasi seperti ini, para perangkat desa bekerja keras dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19,” tutupnya. (Tim)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!