Bawaslu Rekomendasi Buka Kotak Suara

RADARLAMTIM.COM, SUKADANA : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Lampung Timur (Lamtim) merekomendasikan kepada KPU Lamtim untuk buka kotak suara, terkait hilangnya suara PAN di kecamatan Batanghari Nuban, rabu (1/5).

Uslih ketua Bawaslu Kabupaten Lamtim mengatakan, terkait hilangnya suara PAN di daerah pemilihan 7 yakni di kecamatam batanghari nuban lamtim, maka untuk mencari kebenarannya  harus dibuka kotak suara agar dapat dilihat C1 planonya.

“Terhadap dugaan hilangnya suara PAN utk caleg DPRD Kab dapil 7, Bawaslu akan merkomendasikan kepada KPU membuka kotak suara untuk melihat C1 palno, jika terdapat bukti-bukti keberatan yang dismpaikan, di Desa mana dan TPS berapa saja indikasi tersebut terjadi,” jelas Uslih.

Menurut uslih, selain PAN keberatan juga dilayangkan oleh PKS, dan hal itu sudah cukup kuat sebagai acuan untuk membuka kotak suara tersebut.

“Namun demikian form D2 keberatan saksi yang sudah disampaikan saksi PKS kepada PPK sudah cukup kuat sebagai acuan, untuk KPU mnindaklanjuti keberatan tersebut sebagimana juga sudah disampaikan kepada bawaslu lamtim,” kata usli ketua bawaslu lamtim yang juga menulis tagar #bersamabawaslutegakkankeadilan pemilu.

Yusni yang juga PAC PAN kecamatan batanghari nuban menuturkan, Suara PAN di kecamatan Batanghari Nuban berkurang sebanyak 288 suara, oleh karena itu dirinya meminta agar KPU lamtim membuka kotak suara untuk dilakukan penghitungan ulang C1. “Saya calegnya dan saya saksi juga dari PAN untuk tingkat KPU, saya minta KPU membuka kotak suara supaya dihitung ulang berdasarkan C1, sebab suara coblos nama saya dan suara PAN hilang sebanyak 288 suara, belum sampai ke pleno dprd sudah bermasalah DPT presiden dan DPR RI tidak sama jumlah DPT nya,” papar Yusni.

Menurut Yusni, Suara PAN yang hilang yakni di desa Purwosari 66 suara, desa tulung balak 16 suara, desa sukaraja nuban 6 suara, desa kedaton induk 51 suara, desa kedaton 1 ada 23 suara, desa kedaton 2 ada 34 suara desa, trisnomulyo ada 44 suara, desa cempaka nuban ada 24 suara, desa bumi jawa ada 12 suara dan desa negara ratu ada 5 suara. Total 288 suara.

“Dari 13 desa yang ada di kecamatan batanghari nuban suara saya hilang di 11 desa total semua 288 suara, saya harap KPU dapat meluruskan permasalahan ini,” harap Yusni.

Diketahui hari ini hari kedua pleno ditingkT KPU lamtim rabu (1/5) sedang berlangsung pleno untuk kecamatan batanghari nuban, kesalahan DPT sudah terjadi sejak awal pleno hari pertama untuk kecamatan batanghari nuban sejak selasa kemarin belum tuntas sampai hari ini. (fen)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!